Skip to main content

Keyakinan dan Indonesia Masa Kini AkademiCIPS

Overview

About This Course

Kursus Keyakinan dan Indonesia Masa Kini fokus pada prinsip toleransi, kasih sayang, dan kebaikan yang merupakan hal umum yang diajarkan dalam semua keyakinan dan agama, dan fakta bahwa nilai – nilai tersebut masih relevan dalam kehidupan modern di Indonesia. Dalam kursus ini, kami melibatkan 8 pakar keagamaan di Indonesia untuk menjadi pembicara. Mereka akan memberikan pandangan tentang relevansi dari moralitas yang diajarkan oleh setiap agama dan bagaimana moralitas tersebut memengaruhi dan dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.

Dalam Kursus ini, kalian akan belajar tentang bagaimana keyakinan masih relevan di Indonesia masa kini dan pentingnya nilai moral universal seperti kasih sayang, kebenaran, kesetaraan dan anti-kekerasan dalam kehidupan sehari-hari.


Pembicara

 K.H Hodri Ariev

K.H Hodri Ariev

K.H Hodri Ariev adalah pengasuh Pondok Pesantren Bahrul Ulum Jember. Beliau akan menjadi pembicara dalam 2 episode. Episode yang pertama adalah Keyakinan Sebagai Dasar Dalam Berinovasi. Dalam episode ini, beliau menyampaikan tentang akhlak mulia seperti cinta, kasih sayang, kebenaran, dan kesetaraan yang seharusnya menjadi semangat dalam hidup. Bagaimana nilai-nilai moral yang mulia tersebut bisa membantu kita dalam menjalankan kehidupan sehari-hari dan terus berinovasi. Episode kedua adalah tentang Saling Mengajak Dalam Kebaikan. Episode ini mengajarkan pentingnya prinsip cinta dan kasih sayang yang harus selalu ada di dalam hati kita. Kita sebagai individu tidak boleh bersikap individualis karena di dalam hidup ini kita akan membutuhkan bantuan dari orang lain.



Jose Carol

Jose Carol

Jose Carol adalah Wakil Gembala Sidang JKI Jakarta Praise Community Church. Beliau akan menjadi pembicara dalam episode Agama, Keyakinan, dan Nilai – Nilai Cinta Kasih. Pembahasan episode ini adalah mengenai perbedaan antara agama dan keyakinan. Episode ini akan menjelaskan bagaimana kita bisa menerapkan agama dan keyakinan kita di kehidupan modern, serta bagaimana menerapkan nilai nilai cinta kasih, sukacita, damai sejahtera, kesabaran, kemurahan, kebaikan, dan kesetiaan di dalam kehidupan sehari – hari.



Kyai Husein Muhammad

Kyai Husein Muhammad

Kyai Husein Muhammad adalah Ketua Fahmina Institute yang akan menjadi pembicara dalam episode Keyakinan dan Kebenaran. Dalam episode tersebut, Kyai Husein Muhammad akan berbicara tentang keyakinan dan kebenaran. Beliau akan menjelaskan mengenai indikator-indikator mengenai apa yang benar dan tidak benar untuk dilakukan di kehidupan modern saat ini. Tidak lupa juga akan diterangkan mengenai apa yang baik dan yang benar.



Musdah Mulia

Musdah Mulia

Musdah Mulia adalah Ketua Umum Indonesian on Religion and Peace. Beliau akan menjadi pembicara dalam episode Dimana Seharusnya Saya Belajar Nilai – Nilai Moral. Pembahasannya adalah mengenai di mana seharusnya kita belajar nilai moral. Beliau menyampaikan tentang bagaimana keluarga memainkan peran penting dalam menanamkan dan membangun nilai-nilai moral dalam diri seseorang dan bagaimana kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan keyakinan dan keagamaan bisa berpengaruh positif pada anak muda di era modern ini.



Franz Magnis-Suseno

Franz Magnis-Suseno

Franz Magnis-Suseno adalah Guru Besar Emeritus Sekolah Tinggi Ilmu Filsafat Drikarya. Beliau akan menjadi pembicara dalam episode Semua Manusia Sama di Hadapan Tuhan. Pembahasannya adalah mengenai semua manusia sama di hadapan Tuhan, serta mengenai semua manusia itu sama dalam hal martabat terlepas dari gendernya, dan martabat tersebut diperkuat oleh keyakinan. Beliau juga berbicara mengenai bagaimana nilai nilai kemanusiaan pada hakikatnya itu sama.



Peter Lesmana

Peter Lesmana

Peter Lesmana adalah Sekretaris Umum Majelis Tinggi Agama Konghucu Indonesia. Beliau akan menjadi pembicara dalam episode Kontribusi Keyakinan dalam Kehidupan Bermasyarakat. Pembahasan dalam episode ini adalah mengenai kontribusi keyakinan dalam kehidupan bermasyarakat. Pak Peter berbicara mengenai bagaimana tindakan-tindakan sederhana sebenarnya bisa menjadi cerminan penerapan keyakinan kita dalam kehidupan bermasyarakat. Beliau berpendapat bahwa kita harus mampu mengendalikan keinginan kita dan berusaha memperbaiki kesalahan kita sehingga kita bisa menjalani kehidupan kita dengan baik dan benar.



Tjong Se Fung

Tjong Se Fung

Tjong Se Fung adalah Sekretaris Umum Agama Buddha Theravada Indonesia. Beliau akan menjadi pembicara dalam episode Peran Keluarga atau Orang Tua dalam Menguatkan Keyakinan. Pembahasannya adalah mengenai peranan keluarga atau orang tua dalam menguatkan keyakinan kita. Bapak Se Fung akan menyampaikan bagaimana perspektif orang tua dalam permasalahan ini dan bagaimana orang tua bisa memainkan peran dalam menguatkan keyakinan kita dalam kehidupan sehari-hari di Indonesia yang modern ini.



Ketut Budiawan

Ketut Budiawan

Ketut Budiawan adalah Dosen di Sekolah Tinggi Agama Hindu Dharma Nusantara. Beliau akan menjadi pembicara dalam episode Keyakinanku vs Keyakinanmu. Pembahasannya adalah tentang konsep Tat Tvam Asi (saya adalah kamu, kamu adalah saya), Vasudhaiva Kutumbakam (kita adalah bersaudara), dan Tri Hita Karana (bagaimana kita bisa menjalin hubungan harmonis antara manusia dengan sesama manusia). Dalam episode ini dijelaskan bagaimana 3 konsep tersebut bisa diimplementasikan ke dalam kehidupan sehari-hari.

Enroll